Konsep Pendidikan

Home / Konsep Pendidikan

Belajar sepanjang hayat (Long Life Education)

Dengan konsep ini maka pendidikan yang dikembangkan di SCA berorientasi kepada proses belajar yang berkualitas dan berkelanjutan. Dengan konsep pendidikan holistic maka proses yang dimaksud tidak hanya dibatasi kepada kegiatan pembelajaran terstruktur saja, melainkan meliputi proses interaksi dan kehidupan bersama di sekolah dalam bentuk konsep “learning by doing” untuk mengasah study skill dan soft skill siswa.

Setiap anak istimewa

Dengan meyakini bahwa Allah SWT menciptakan setiap manusia dengan potensinya masing-masing, maka Sekolah Citra Alam menempatkan setiap siswa adalah istimewa. Untuk itulah program dan pembelajaran didasari oleh konsep “student center” atau siswa sebagai pusat pembelajaran dengan pendekatan personal.

Sekolah Citra Alam mengapresiasi setiap siswa dengan kecerdasannya masing-masing (multiple intelegence). Oleh karena itu konsep “penyeragaman” tidak sesuai dengan karakter siswa.

Setiap orang adalah pembelajar

Belajar bukanlah tanggung jawab siswa saja, melainkan juga tugas dan tanggungjawab semua orang. Setiap warga sekolah harus memiliki semangat dan kemauan belajar untuk mengembangkan kualitas diri yang akan bermanfaat bagi diri, sekolah dan lingkungan. Dengan paradigma ini SCA berusaha mengembangkan sebuah pendidikan yang berbasis komunal. Artinya bahwa semua komponen yang tergabung dalam komunitas dan keluarga besar Citra Alam terlibat aktif dalam usaha dan proses pembelajaran.